Memilih Lantai yang Tepat Untuk Rumah Baru Anda

Karena lantai merupakan elemen kunci untuk setiap desain ruangan di rumah baru Anda, Anda harus bertanya pada diri sendiri serangkaian pertanyaan sehingga Anda dapat yakin untuk memilih lantai yang tepat berdasarkan desain, lokasi, gaya hidup dan anggaran.

Langkah pertama dalam memilih lantai adalah memutuskan apa yang terlihat dan merasakan apa yang diinginkan untuk setiap kamar atau seluruh ruangan rumah Anda. Ingat, lantai adalah elemen desain kunci sehingga Anda perlu untuk menghabiskan beberapa waktu untuk memilih bahan yang tepat (kayu, karpet, gabus, bambu ataupun keramik), warna, pola, tekstur dan bahkan bentuk untuk setiap kamar.

Berkat pencetakan dan teknologi embossing saat ini, sulit untuk mengatakan bahan yang benar-benar asli karena sangat mirip dengan yang asli. Seleksi akhir Anda tergantung pada faktor kombinasi seperti : preferensi pribadi, lokasi, anggaran dan gaya hidup Anda.

Kayu saat ini memunculkan berbagai pilihan untuk melengkapi dekorasi interior dari kayu tradisional seperti oak dan pinus untuk yang lebih eksotis. Ketika Anda memasangkan mereka dengan pilihan besar, lebar, tekstur permukaan dan detail tepi yang elegan, Anda dapat membuat ruang yang benar-benar unik.

Sebuah laminasi benar-benar baik dapat meniru tampilan dan nuansa dari kayu, batu, batu bata dan keramik dengan menggunakan secara rinci berdasarkan foto resolusi tinggi dari bahan asli. Itu dapat dengan mudah untuk membersihkan permukaan yang tahan tumpahan dan melindungi lantai dari noda atau memudar, sehingga Anda memiliki lantai yang terlihat elegan dan bersih.

Sama mengesankan adalah vinil, yang memiliki ribuan desain dan berkat teknologi baru itu terlihat dan terasa seperti bahan-bahan alami seperti kayu, batu kapur, batu tulis dan keramik.

Linoleum asli terbuat dari bahan-bahan alami termasuk minyak biji rami, pigmen mineral, batu kapur dan tanah gabus atau kayu, yang membuatnya lantai sangat tangguh. Itu sangat hidup, warnanya menciptakan desain yang tercipta dari gambar tradisional dengan pola bebercak lebih kontemporer dan warnanya solid.

Memilih lantai yang tepat untuk rumah Baru Anda 1

Memilih lantai yang tepat untuk rumah Baru Anda 2

Memilih lantai yang tepat untuk rumah Baru Anda 3

Sekarang Anda tahu apa pilihan desainnya dan Anda perlu mencari tahu lantai apa yang terbaik di lokasi tertentu. Sebagai contoh, sebuah lantai untuk kamar mandi lengkap dengan shower atau bathtub dapat memecah genangan air dan fluktuasi kelembaban. Kayu, gap atau warp ketika mengalami genangan air atau kelembaban, bukan pilihan terbaik untuk kamar mandi. Pilihan yang lebih baik adalah keramik dan lembaran vinyl yang praktis dan tahan terhadap air. Laminasi, linoleum, dan vinyl tile adalah pilihan yang baik, namun tindakan pencegahan harus dengan menambahkan waterproofing khusus di sekitar rapatan.

Selanjutnya Anda perlu mencari pilihan lantai yang tepat jika rumah Anda memiliki lebih dari 1 lantai karena akan mempengaruhi pilihan lantai Anda. Untuk lantai atas Anda perlu menggunakan kayu, laminasi, lembar vinyl, vinyl ubin, keramik dan linoleum. Anda harus cukup waktu untuk beton cukup kering sebelum menginstal lantai Anda. Hal ini terutama berlaku untuk kayu keras yang dapat mengembang jika dipasang di atas beton yang memiliki terlalu banyak kelembaban.

Untuk lantai bawah, Anda mungkin memiliki masalah kelembaban yang mempengaruhi lantai Anda. Lantai bawah rentan terhadap kerusakan dari kelembaban, terutama untuk lantai kayu, karena itu tidak dianjurkan untuk di lantai bawah. Namun, kayu bisa direkayasa dapat digunakan di lantai bawah. Tetapi hati-hati untuk mencari tingkat emisi kelembaban maksimum yang direkomendasikan untuk produk tertentu yang akan Anda gunakan.

Memilih lantai tidak hanya masalah penampilan. Lantai harus sesuai dengan gaya hidup Anda. Apakah Anda memiliki anak-anak atau apakah Anda berencana untuk memiliki anak-anak? Apakah Anda memiliki hewan peliharaan? Apakah Anda tidak ingin tergelincir? Berapa banyak waktu Anda untuk menjaga kebersihan lantai Anda? Apakah Anda peduli dengan kualitas udara dalam ruangan, alergi atau bau?

Setelah Anda mempertimbangkannya, lokasi dan gaya hidup adalah pertimbangan yang paling penting untuk anggaran Anda. Anda perlu juga berpikir tentang ketahanan dari lantai yang Anda pilih (berdasarkan gaya hidup Anda).

 
Karena sinar matahari alami atau cahaya ultraviolet (UV) dapat mengubah warna lantai itu, berhati-hati terhadap bahan apa yang Anda pilih dan ruangan apa yang Anda gunakan. Beberapa jenis kayu keras yang berwarna lebih gelap, lebih tahan warna dari waktu ke waktu saat terkena sinar matahari langsung. Jadi perlu untuk mempertimbangkan berbagai aspek diatas sebelum memilih bahan yang tepat digunakan untuk lantai Anda.



Jasa Arsitek Bali dan Jakarta